• +62 285 381xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

KKN UNDIP LAKUKAN KNOWLEDGE SHARING UNTUK MEMPERKAYA WAWASAN MASYARAKAT DESA WERDI

Tim 1 KKN UNDIP melakukan knowledge sharing atau berbagi pengetahuan dalam bentuk sosialisasi untuk memperkaya wawasan masyarakat di Desa Werdi, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah pada Januari lalu. 

Gambar 1. Potret kegiatan knowledge sharing berupa sosialisasi

Sosialisasi yang dilakukan oleh Tim 1 KKN UNDIP yakni program pencegahan stunting, bertujuan untuk menambah pengetahuan para ibu di Desa Werdi agar dapat mengambil langkah preventif dalam menjaga tumbuh kembang anak. Program pendidikan literasi informasi berupa identifikasi informasi hoax dan pengenalan layanan cek fakta yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan masyarakat sehingga dapat menangkal informasi hoax.

Gambar 2. Potret sosialisasi pencegahan stunting (atas) & pendidikan literasi informasi (bawah)

Program penerapan budaya literasi Jepang yang bertujuan untuk membentuk kebiasaan literasi seperti yang dilakukan masyarakat Jepang utamanya membiasakan membaca di kalangan anak sekolah, pemuda dan warga supaya wawasan para generasi ini bisa mendukung kemajuan desa. Program literasi keuangan yakni mitigasi pinjaman online (pinjol) abal-abal, tujuannya agar masyarakat memiliki pengetahuan terkait langkah preventif dalam melakukan pinjaman online dan terhindar dari pinjol.

Gambar 3. Potret sosialisasi literasi keuangan (atas) & literasi Jepang (bawah)

Program kerja berkonsep knowledge sharing ini dilakukan dengan perencanaan yang matang berdasarkan permasalahan yang banyak terjadi di kalangan warga desa, sehingga antusias masyarakat mengikuti keseluruhan program ini sangat tinggi. Program ini menghasilkan luaran (output) berupa modul, poster, dan booklet, kemudian dibagikan kepada masyarakat sebagai panduan dalam memperkaya wawasan agar dapat menjadi insan yang cerdas, tanggap, dan kritis di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.